Tuesday, December 28, 2010

[Tutorial] Analisa Laporan MapHack

Persiapan

  • Siapkan tools-tools berikut:
    ~ ReplaySeeker (Warcraft Tools, Download)
    ~ Notepad (Text Editor, Download)
    ~ Warcraft III
Langkah Analisis
  1. Mulailah selalu dengan mendownload replay, dan mencatat waktu-waktu penting, ID / Hero yang dicurigai jika tersedia.
  2. Parser lah terlebih dahulu replay tersebut, kemudian copy paste chat log nya ke dalam Notepad . Hal ini untuk memudahkan pencarian terhadap MH. Tekan CTRL F, kemudian isikan seperti berikut:

    (Perhatikan bagian-bagian yang gw merahin, ikuti persis seperti itu)
  3. Lakukan searching highlight kata-kata "MH", kemudian catat waktu-waktu kemunculan kata tersebut. Karena biasanya dugaan MH selalu dikatakan dalam chatlog pemain. Urutkan waktu-waktu yg telah di catat dari yang paling kecil untuk memudahkan.
  4. Putar replay yang telah di download. Untuk hasil yang lebih baik, tontonlah dulu keseluruhan replay dgn kecepatan 2x~3x agar kita memahami suasana permainan. Setelah selesai, pause replay sebelum benar2 berakhir.
  5. Alt Tab dari Warcraft III dan Buka aplikasi ReplaySeeker. Tunggu sampai ia mendeteksi replay pada Warcraft III. Setelah terdeteksi, tampilan akan seperti ini:
    -1- Replay sudah terdeteksi[/color]
    -2- Geser Slide / Isikan waktu yang diinginkan untuk di tonton. (TIPS: isikan 2 menit lebih awal agar adegan tidak terlewat)
    -3- Klik Synchronize, dan tunggu hingga waktu yg diinginkan tercapai. (Akan terdengar suara "It's Done")
  6. Selama menunggu, Anda bisa melakukan aktivitas lain. TIPS: Disarankan untuk sambil mendownload laporan2 lain dan menyimpan masing2 laporan replay dalam folder berbeda, untuk kemudian di proses satu persatu (bisa secara offline dari rumah). Agar laporan cepat selesai...
  7. Jika waktu yg diinginkan sudah tercapai, Alt Tab kembali ke Warcraft untuk melihat kejadian secara langsung. Ingat untuk selalu mematikan/menghidupkan "Fog War" agar terlihat vision area dari masing-masing hero. Seringkali ada banyak pemain yg beruntung melakukan blind skill (blind hook / arrow / rocket) secara tepat, sehingga di tuduh MH oleh lawannya. Tugas Anda adalah memutuskan, apakah itu keberuntungan/skill, atau memang kecurangan. TIPS: perhatikan pemain yang bersangkutan dari awal permainan, apakah dia memang jago atau tidak.
  8. Selanjutnya, pindah ke waktu-waktu mencurigakan yang berikutnya. Lakukan analisa yang sama dan simpulkan. Ingat bahwa laporan MH tidak selalu benar! Hanya sedikit pemain yang benar-benar melakukan MH. Catat kesimpulan-kesimpulan Anda dan persiapkan untuk menjawab laporan di forum.
  9. Gerak gerik mencurigakan yang sering terjadi disaat creeping. Lakukan analisa kecil terhadap hero yang anda curigai, seperti pada saat farming di line manapun (creep belum habis tiba2 pulang begitu saja), farming neutral (belum beres menyelesaikan satu titik spot creeping sudah kabur), Secara keseluruhan 80% berhasil mengetahui posisi anda atau teman anda dimanapun (kena bokong berkali2 oleh hero yg sama dan sebaliknya hero lawan susah dibokong). Tidak pernah salah dalam alokasi PU (untuk yang ini masih 50-50 karena bisa saja terjadi dan PU takers tidak hanya 1 orang saja).
  10. Hal terakhir, periksa juga chat log untuk flaming, badword, leaver & stayer. Memeriksa laporan MH cukup memakan waktu, karena itu sangat disayangkan jika kita hanya fokus pada MH, padahal banyak pelanggaran lain yang dilakukan dalam map tersebut.

0 komentar:

..